Kamis, 01 Januari 2009

GAYA DESAIN FUTURISME


FUTURISME

Futurisme adalah suatu pergerakan seni modern yang diawali oleh para seniman Italia pada tahun 1909, dimana Filippo Marinetti adalah orang yang mempelopori futurisme pertama, sampai akhir Perang dunia I. Futurisme adalah suatu perayaan lahirnya abad mesin, pemuliaan perang dan pertumbuhan fasisme. Lukisan dan pahatan futurisme terutama terkait dengan menyatakan pergerakan dan dinamika yang alami dan bentuk buatan tangan manusia.

Sebagian dari gagasan ini, mencakup penggunaan teknik dan material modern, yang kemudian diambil oleh Marcel Duchamp (Perancis, 1887-1968), seorang cubists, dan constructivists. Futurisme menjadi nyata dengan penampilan suatu manifesto yang diterbitkan oleh seorang penyair Filippo Marinetti pada halaman depan isu Le Figaro 20 Februari 1909, ini adalah manifesto yang paling awal dari jenis ini.

Marinetti meringkas prinsip utama pendukung futurisme. Ia dan yang lain menyertakan love of speed, teknologi dan kekerasan. Futurisme diperkenalkan sebagai pergerakan pembaharu merayakan teknologi, masa depan jaman. Mobil, pesawat, kota industri mewakili gerakan dalam hidup modern dan kemenangan teknologi manusia atas alam. Sebagian dari gagasan ini, terutama penggunaan teknik dan material modern, diambil kemudian oleh Marcel Duchamp ( Perancis, 1887-1968), seorang penganut cubisme, constructivisme dan dadaisme.

Futurisme diilhami pengembangan Seni kubisme hingga melampaui teknik nya. Pelukis futurisme membuat irama dari pengulangan bentuk dan garis. diilhami oleh beberapa eksperimen fotografis, mereka mematahkan gerakan ke dalam urutan kecil, dan menggunakan cakupan luas penjuru/sudut di dalam batasan waktu yang ditentukan, sehingga semua diarahkan untuk menyertakan dimensi waktu di dalam gambar itu. Warna brilian dan goresan kuas yang mengalir menciptakan ilusi pergerakan. Futurisme mempengaruhi banyak pergerakan seni abad 20, mencakup Art Deco, Vorticism, Constructivism dan Surealisme.

Pendukung futurisme mencampur activisme dan riset artistik. Mereka mengorganisir peristiwa yang menyebabkan skandal. Segalanya ada di sana untuk membantu mereka memuliakan Italia dan membawa negeri mereka ke dalam pembaharuan. Pendukung futurisme Tertentu dengan penuh nafsu mempromosikan diri mereka untuk mencoba menggabungkan diri dengan seorang fasis, yang berkuasa saat itu. Tetapi Mussolini menunjukkan suatu pilihan untuk Novecento taliano, pergerakan seniman yang dikenal dengan ordo klasik dan bangsawan Italia.

Futurisme adalah suatu pergerakan besar Italia, walaupun juga mempunyai penganut di negara-negara lain, Perancis dan paling khususnya Rusia. Dekat dengan Futurisme dengan motivasi dan inspirasinya adalah Precisionism, suatu pengembangan penting tentang pandangan modern Amerika.


Walaupun Futurisme kini dianggap sudah punah, setelah mati sejak tahun 1920, pengaruh yang kuat dari pikiran Marinetti', masih tinggal di dalam budaya populer, modern, dan seni. Futurisme mempengaruhi banyak pergerakan seni di abad 20, mencakup Seni Deco, Vorticism, Constructivism dan Surealisme.


Zang Tumb Tumb


"Zang Tumb Tumb" adalah suatu puisi yang ditulis oleh Filippo Tommaso Marinetti, suatu pendukung futurism Italia. Muncul di sebuah kutipan di dalam jurnal antara 1912 dan 1914, saat diterbitkan sebagai sebuah buku seniman. Yang berisi tentang Pertempuran Adrianople, yang ia saksikan saat sebagai wartawan untuk L’Intransigeant.
Puisinya menggunakan Pembebasan bersyarat di dalam Liberta, (Kata-Kata pembebasan)-Tipografi kreatif- dan kesan-kesan lain yang puitis dari peristiwa-peristiwa pertempuran, mencakup bunyi tembakan dan ledakan.
Pekerjaan ini kini dilihat sebagai pekerjaan seni modrenisasi yang berkembang, dan berpengaruh besar pada perkembangan cetak-mencetak yang muncul dari Eropa.



1 komentar: